Komunikasi: Tradisi Fenomenologis I


Teori-teori dalam tradisi fenomenologis berasumsi bahwa orang-orang secara aktif mengintepretasi pengalaman-pengalamannya dan mencoba memahami dunia dengan pengalaman pribadinya. Teori ini memperhatikan pada pengalaman sadar seseorang.
GAGASAN UTAMA
Stanley Deetz menyimpulkan tiga prinsip dasar fenomenologis:
1.      Pengetahuan ditemukan secara langsung dalam pengalaman sadar. Kita akan mengetahui dunia ketika kita berhubungan dengan pengalaman itu sendiri.
2.      Makna benda terdiri dari kekuatan benda dalam kehidupan seseorang. Bagaimana kita berhubungan dengan benda menentukan maknanya bagi kita.
3.      Bahasa merupakan kendaraan makna. Kita mengalami dunia melalui bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan dan mengekspresikan dunia itu.
KERAGAMAN TRADISI FENOMENOLOGIS
Ada tiga kajian pemikiran umum dalam tradisi fenomenologis:
1.      Fenomenologi Klasik. Menurut Edmund Husserl, kebenaran dapat diyakinkan melalui pengalaman langsung dengan cara disiplin dalam mengalami sesuatu. Hanya melalui perhatian sadarlah kebenaran dapat diketahui. Kita harus mengesampingkan atau mengurungkan kebiasaan kita dalam melihat segala sesuatu agar mengalami sesuatu dengan sebenar-benarnya.
2.      Fenomenologi Persepsi. Manusia merupakan sosok gabungan antara fisik dan mental yang menciptakan makna di dunia. Kita hanya mengetahui sesuatu hanya melalui hubungan pribadi kita dengan benda tersebut. Segala sesuatu tidak ada dengan sendirinya dan terpisah dari sebagaimana semua diketahui. Terdapat dialog antara manusia sebagai penafsir dan benda yang mereka tafsirkan.
3.      Fenomenologi Hermeneutik. Lebih luas dalam bentuk penerapan dari fenomenologi persepsi. Realitas sesuatu diketahui dengan pengalaman alami yang diciptakan oleh penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa dimasukkan bersama dengan makna dan secara terus-menerus memengaruhi pengalaman kita akan kejadian dan situasi.
Littlejohn, Stephen W dan Foss, Karen A.2009. Teori Komunikasi: Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Komentar

Posting Komentar

Comment

Postingan Populer