KOMUNIKASI INTERNAL: Human Relations Development

Jelaskan definisi dan konsep Human Relations Development!
Menurut Wursanto, dalam bukunya Etika Komunikasi Kantor (1987), Human relations adalah terjemahan kata hubungan kemanusiaan yang bersifat rohaniah dengan memperhatikan aspek-aspek kejiwaan yang ada pada diri manusia misalnya: watak, tingkah laku, dan lain-lain aspek kejiwaan yang terdapat dalam diri manusia.
Human Relations adalah interaksi seseorang dengan segala bentuk, situasi dan bidang kehidupan yang menghasilkan kepuasan. Pengertian ini menyangkut masalah interkasi verbal, non verbal, interaksi di rapat, kantor, perjalanan, interaksi masalah pribadi, dan organisasi. Human relations ini dimaksudkan meningkatkan moral dan disiplin anggota organisasi dan bertujuan untuk meningkatkan motivasi kerja, sense of belonging, yang dikaitkan dengan peningkatan produktivitas sehingga human relations berfokus pada bagaimana metode komunikasi yang dipergunakan mampu memotivasi orang-orang dalam organisasi agar terjadi sikap kooperatis, kedisiplinan, etos kerja, produktivitas dan kepuasan bagi kedua belah pihak antara perusahaan dan karyawan.
Kunci aktivitas Human Relation adalah motivasi, motivasi adalah kegiatan memberikan dorongan kepada seseorang atau diri sendiri untuk mengambil suatu tindakan yang dikehendaki. Jadi, motivasi berarti membangkitkan motif, daya gerak atau menggerakan seseorang atau diri sendiri untuk bertindak dalam rangkat mencapai suatu tujuan, jika seorang pimpinan memotivasi para karyawan untuk bekerja dengan giat, harus berdasarkan kebutuhan para karyawan yang memuaskan, yaitu kebutuhan akan upah yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan dan cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari, penghargaan atas pekerjaannya dan lain sebagainya.
Selain itu Human Relation adalah komunikasi persuasif. Dengan melaksanakan human relation itu pimpinan organisasi atau pimpinan kelompok dapat melakukan komunikasi dengan para karyawannya untuk dapat menggerakkan mereka agar bekerja bersama-sama, sehingga hasil yang diperoleh dapat memuaskan.
Human relation dalam organisasi merupakan hal yang penting karena merupakan jembatan antara karyawan dengan sesama karyawan maupun karyawan dengan pimpinan. Human Relation memegang peranan penting dalam hubungan internal karena dapat memecahkan berbagai masalah yang menyangkut faktor manusia dalam organisasi. Benturan psikologis dan konflik antara kepentingan pribadi dengan kepentingan organisasi, bukan hanya    pimpinan dengan karyawan. Tetapi juga karyawan dengan karyawan yang berpotensi mengganggu kelancaran organisasi dalam mencapai tujuan organisasi ataupun perusahaan.

Uraikan pemahaman anda tentang bagaimana human relations sebagai ilmu pengetahuan!
Didalam konsep ilmu pengetahuan human relations termasuk dalam lingkungan ilmu-ilmu sosial dan mengalami perkembangan di bidang sosiologi, ilmu politik dan manajemen. Sebagai suatu disiplin ilmu makan huma relations adalah suatu studi tentang hubungan antar manusia yang mencangkup semua bentuk interaksi manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
Davis dalam Effendy (1993:51), mengemukakan bahwa human relations adalah kegiatan dalam upaya memotivasi manusia untuk menumbuhkan kerja sama yang efektif dan memberikan pemenuhan kebutuhan dan juga tujuan organisasi. Potensi aktualistas dan proses kreativitas manusia juga perlu digali, diarahkan dan dikembangkan di didalam wadah masyarakat dan juga organisasi.

Uraikan pemahaman anda tentang bagaimana human relations sebagai manajemen!
Human Relations sebagai manajemen yang saya pahami adalah bagaimana seorang pemimpin atau atasan dalam sebuah perusahaan mampu mengkondisikan maupun mengkomunikasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan kepada karyawan dengan baik. Mengkondisikan disini memiliki maksud bagaimana seorang atasan dapat memposisikan dirinya sama dengan karyawan untuk dapat menjalin komunikasi dua arah yang baik dalam usaha menyelaraskan tujuan perusahaan melalui manajemen yang baik.
Dengan berkomunikasi itulah diharapkan seorang pemimpin dapat mengetahui kinerja keahlian masing-masing karyawannya untuk dapat ditingkatkan produktivitasnya semaksimal mungkin. Atasan harus berhati-hati dalam memilih dan melatih pekerja untuk setiap tugas-tugas yang diberikan selain itu tugas seorang pemimpin ataupun manager haruslah bisa memotivasi para karyawannya untuk dapat terus meningkatkan kinerjanya dalam perusahaan karena pada dasarnya setiap manusia akan terdorong apabila dimotivasi terus-menerus secara positif. Motivasi yang tinggi akan menciptakan moral dan kedisiplinan karyawan terbentuk dengan baik dan menghasilkan loyalitas karyawan sehingga juga mampu menciptakan kepuasan pada diri karyawan itu sendiri.

Menurut anda hal-hal apakah yang perlu diperhatikan dalam rangka membangun hubungan dengan manusia dan mengapa hal tersebut penting?
Komunikasi. Kita tidak akan mungkin melakukan interaksi dengan orang lain tanpa berkomunikasi. Melalui berkomunikasi kita akan bisa menyampaikan pesan kita kepada orang lain. Melaui berkomunikasi pula kita dapat menjalin relasi dan kedekatan dengan orang lain, dengan berkomunikasi kita dapat membangun sebuah hubungan dengan orang lain, yang awalnya tidak kenal menjadi kenal, yang awalnya tidak tahu menjadi tahu dan semua itu berkat kita berkomunikasi satu sama lain. Dalam human relations faktor inilah yang sangat mempengaruhi kita dalam membangun sebuah hubungan.
 Dalam hal ini baik komunikasi verbal dan non verbal berpengaruh dalam kita menyampaikan maksud kita kepada orang lain. Bahasa dan tutur kata, kesopanan, gesture tubuh, kontak mata semua mempengaruhi bagaimana orang lain mempersepsikan diri kita, sehingga dalam menjalin suatu hubungan kita haruslah memperhatikan tidak hanya verbal tetapi juga non-verbal kita. Komunikasi dalam hal ini juga dapat berupa kontak dan tindakan sosial.

Bagaimana caranya memenuhi kebutuhan manusia dalam kegiatan human relations?
Berdasarkan Masllow dalam teori Hierarki Kebutuhannya, manusia mempunyai lima dasar kebutuhan yaitu:
1)      Kebutuhan fisiologikal: makanan, oksigen, serta kebutuhan dasar lainnya (sandang, pangan)
2)      Kebutuhan akan rasa aman: perlindungan dari bahaya, bebas dari ancaman.
3)      Kebutuhan sosial akan cinta, kasih sayang, afiliasi, dan penerimaan.
4)      Kebutuhan dihargai untuk status, harga diri.
5)      Kebutuhan aktualisasi diri (potensi seseorang sebagai makhluk hidup). Kebutuhan aktualisasi diri adalah yang paling abstrak dan berada pada level yang paling tinggi.
Berkaitan dengan human relations dalam perusahaan disinilah bagaimana perusahaan juga mampu memenuhi kebutuhan karyawannya untuk menigkatkan motivasi kerja karyawan. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu semisal dalam pemenuhan kebutuhan fisiologikal seperti sandang, papan, dan pangan, perusahaan dapat memenuhinya dengan memberikan seragam kerja atau kaos perusahaan, gathering.
Pemenuhan kebutuhan akan rasa aman agar bebas dari ancaman maupun mendapat perlindungan dapat direalisasikan dengan adanya asuransi kesehatan, berbagai jaminan sosial hingga tunjangan hari tua. Kebutuhan akan dihargai dan aktualisasi diri, berkaitan dengan bagaimana seorang atasan mampu memberikan reward kepada karyawan-karyawan berprestasi, kemampuan berbicara didepan khalayak atau mengeluarkan pendapatnya tanpa rasa tertekan dan lain sebagainya. Contoh-contoh tersebut dapat digunakan dalam meningkatkan human relations antara pihak pimpinan dengan karyawan sehingga kedua belak sama-sama mendapat keuntungan.

DAFTAR PUSTAKA
Kossen, Stan. 1993. Aspek Manusiawi dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Effendi, Onong Uchana. 2000. Ilmu Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Komentar

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya IBU SERI HASTUTI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 081340887779
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS Untuk 5 Orang Saja.

    BalasHapus

Posting Komentar

Comment

Postingan Populer