KOMUNIKASI INTERNAL: Internal Relations BCA


Sejarah
PT. Bank Central Asia Tbk. secara resmi berdiri pada tanggal 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV. Dari waktu ke waktu, BCA dihadapkan dengan berbagai fenomena perubahan jaman yang bergulir semakin menantang. Semula hanya melayani kebutuhan pendanaan para pedagang kecil di pusat perniagaan kawasan Glodok, Jakarta. Dalam perjalanan sejarah, BCA menciptakan kemajuan bertahap melalui upaya penyesuaiaan dan perbaikan yang berkelanjut, kreatif, dinamis, dan profesional dalam menyikapi berbagai perubahan.
Pada tahun 1967, BCA memperoleh ijin operasi sebagai bank devisa. Tahun 1987, BCA memposisikan diri sebagai bank swasta devisa nasional terbesar dengan 50 jaringan kantor cabang domestik dan internasional. Namun pada krisis moneter 1997, BCA ikut terkena imbasnya, banyak nasabah menjadi panik lalu beramai-ramai menarik dana mereka. Akibatnya, bank terpaksa meminta bantuan dari pemerintah Indonesia. Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) lalu mangambil alih BCA tahun 1998. Kemudian BCA berhasil pulih dalam tahun yang sama. Di bulan Desember 1998, dana pihak ketiga telah kembali ke tingkat sebelum krisis. Aset BCA mencapai Rp 67,93 triliun, dan BCA diserahkan oleh BPPN ke Bank Indonesia di tahun 2000. Selanjutnya, BCA mangambil langkah besar dengan menjadi perusahaan publik. Saat ini, BCA terus memperkokoh tradisi tata kelola perusahaan yang baik, kepatuhan penuh pada regulasi, pengelolaan risiko secara baik dan komitmen pada nasabahnya baik sebagai bank transaksional maupun sebagai lembaga internasional finansial.

Visi BCA
Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia. (To be bank of choice and a major pillar of the indonesian economy).

Misi BCA
-          Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan.
-          Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan yang optimal bagi nasabah.
-          Meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholder.

Tata nilai BCA
a.       Fokus pada nasabah
b.      Integritas
c.       Kerjasama
d.      Berusaha mencapai yang terbaik

Internal Relation
Dalam kaitannya dengan komunikasi, Public Relations PT. Bank Central Asia Tbk. merupakan mediator unutk memoderasi citra perusahaan dengan publik. Dalam melaksanakan kegiatannya, PR BCA dibagi menjadi 3 bagian, yaitu eksternal, internal, dan CSR.
Sebagai mediator antara perusahaan dengan karyawan, bagian internal devisi PR BCA melakukan beberapa cara yaitu melalui event-event internal, seperti acara PORSENI atau BCA Award serta melalui majalah info BCA. Selain itu bagian internal juga menangani kliping harian berita yang setiap harinya di-upload ke situs internal karyawan, My BCA.
Selain itu, Public Relations BCA juga menjalankan komuikasi internal, salah satu media untuk menjalankan komunikasi internal adalah majalah info BCA yang dipelopori oleh PR BCA Tbk. ini berfungsi memberikan informasi kepada publik internal mengenai apa yang sedang terjadi di dalam perusahaan.
Penting sekali bagi karyawan untuk dapat mengetahui informasi mengenai perusahannya sendiri. Bagi BCA yang merupakan perusahaan besar dan memiliki beribu-ribu karyawan sangat tidak memungkinkan untuk menyebarkan informasi mengenai perusahaan hanya melalui mouth to mouth. Perlu adanya media yang menjadi alat komunikasi untuk karyawan.salah satu alat yang menjadi media komunikasi internal adalah info BCA.  Majalah ini berisi informasi seluruh kegiatan pagawai, acara yang diselenggarakan BCA setiap bulannya, opini dari karyawan dan nasabah  (keluhan/saran), informasi tentang produk baru, tips-tips sesuai dengan tujuan perusahaan, artikel tentang perkembangan perusahaan, pengetahuan umum (serba-serbi) dan entertainmen (kuis).
Secara garis besar majalah Info BCA berisikan: rencana perusahaan ke depan, informasi yang berhubungan dengan setiap kantor cabang, peningkatan produktivitas, informasi yang terkait dengan pekerjaan, hasil keuangan, iklan dan rencana promosi serta cerita mengenai para karyawan. Majalah ini sudah berfungsi secara efektif didalam mengkomunikasikan pesan di khalayak internal.
Alur komunikasi majalah info BCA bersifat atas ke bawah, bawah ke atas, horisontal maupun diagonal. Karyawan menjadi well-informed dengan adanya media komunikasi internal tersebut. Sehingga dampaknya adalah tertanamnya image yang baik mengenai perusahaan di mata karyawan dan menumbuhkan motivasi karyawan untuk berprestas. Selain itu, majalah info BCA juga memberikan wawasan sebagai pembelajaran dan meningkatkan potensi karyawan juga mampu mempererat hubungan sebagai media komunikasi internal.



Company Social Responsibility PT. Bank Central Asia Tbk.
Kegiatan tanggung jawab sosial BCA terdiri atas serangkaian program jangka panjang yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik bagi remaja dan anak-anak dengan keterbatasan dana di samping kepedulian dalam maslah kesehatan. Program-program tersebut antara lain:
1.      Program Pendidikan Akuntasi (PPA) setara S1-non gelar
2.      Program permagangan Bakti BCA
3.      Beasiswa untuk mahasiswa tingkat sarjana

4.      Program donor darah

Komentar

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya IBU SERI HASTUTI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 081340887779
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS Untuk 5 Orang Saja.

    BalasHapus

Posting Komentar

Comment

Postingan Populer