KOMUNIKASI INTERNAL: Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Ma-Chung

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berdiri pada tahun 1964 merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah. Saat ini UMM sudah memiliki beberapa fakultas seperti hukum, ekonomi, FKIP (Jurusan Pendidikan Agama), FISIP, pertanian dan teknik, psikologi, peternakan, kedokteran, dan program studi farmasi yang merupakan bagian dari fakultas ilmu-ilmu kesehatan.
Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jawa Timur, UMM kini mengelola lebih dari 24,000 mahasiswa aktif yang berasal dari hampir seluruh wilayah Indonesia dan bahkan dari luar negeri, seperti: Australia, Singapura, Malaysia, dan Timor Leste.  Walaupun UMM merupakan perguruan tinggi Islam, latar belakang agama mahasiswa bukan merupakan suatu kendala.  Oleh karena itu, mahaiswa UMM tidak hanya beragama Islam, namun ada yang Hindu, Budha, Kristen , dan Katolik.
  1. Visi :
Menjadikan universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai Islam.
  1. Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia.
  3. Menyelenggarakan pengelolaan universitas yang amanah.
  4. Menyelenggarakan civitas akademika dalam kehidupan yang Islami sehingga mampu beruswah khasanah.
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan dalam pengembangan IPTEKS.

Untuk mendukung kegiatan perkuliahan, UMM selalu meningkatkan fasilitas, baik pengembangan gedung perkuliahan, laboratorium, sarana komputer dan fasilitas akses intranet dengan menggunakan beberapa area hotspot. Selain itu juga dikembangkan perpustakaan digital yang dilengkapi dengan E-Journal, materi audio-visual, dan sumber informasi ilmiah lain yang tergabung dalam Indonesian Digital Library Network (IDLN).
Lembaga Informasi dan Komunikasi (Infokom) Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai tanggung jawab terhadap pengembangan dan penyediaan fasilitas untuk seluruh kegiatan, baik akademik, administrasi, pengembangan SDM, hingga penjaminan mutu akademik.  Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain: internet, intranet dan hotspot.  Selain itu beberapa Sistem Informasi Manajemen (SIM) juga dikembangkan untuk memfasilitasi proses adminitrasi di segala bidang.
Selain itu baru-baru ini UMM memberikan fasilitas untuk area kampus seperti sepeda kayuh sebanyak kurang lebih 5000 unit untuk mempermudah mahasiswa yang jalan kaki dan menciptakan suasana bersih bebas polusi. Tidak hanya mahasiswa, karyawan, dosen dan rektor juga menggunakan sepeda tersebut untuk lebih memperkuat hubungan dengan mahasiswanya.
Sebagian besar karyawan aktif di organisasi Muhammadiyah, dan hampir setiap bulan selalu diadakan acara rutin untuk karyawan seperti pengajian dan lain-lain. Untuk menjadi karyawan Muhammadiyah sangatlah sederhana, syarat utama yaitu menjalankan sholat 5 waktu dan merupakan orang Muhammadiyah.
Selain itu karyawan disediakan fasilitas olahraga seperti bulutangkis, renang, futsal dan lain-lain, serta selalu diberi liburan untuk tiap tahunnya entah satu tahun sekali atau dua kali untuk memberi hiburan kepada karyawan. Meskipun termasuk universitas swasta, Muhamadiyah memberikan dana pensiun untuk dosen dan karyawan.
Untuk karyawan dan dosen yang berprestasi dan berniat melanjutkan sekolah lagi, UMM memberikan fasilitas kuliah gratis ke luar negeri bukan di dalam negeri. Tidak hanya karyawan, juru parkir, satpam pun juga disekolahkan S1 di UMM bagi mereka yang mau bersekolah.
Tidak hanya karyawan dan dosen, mahasiswa pun juga bisa diberi kesempatan bekerja di UMM dan diberi gaji menurut tingkatannya.  Itu semua diberikan UMM untuk meningkatkan kinerja karyawan. Meskipun mereka tidak mendapatkan gaji sebesar universitas lain, namun mereka juga mendapatkan fasilitas sama dengan universitas lain termasuk dikuliahkan gratis.
UNIVERSITAS MA-CHUNG

Universitas Ma-chung adalah salah satu universitas swasta yang ada di kota Malang. Universitas ini didirikan oleh orang-orang dengan latar belakang dunia bisnis sekitar 6 tahun lalu. Saat ini, Universitas Machung memiliki sekitar 150 karyawan dan sekitar 1500 mahasiswa. Untuk menjalankan tugas masing-masing, para karyawan Universitas Ma Chung pasti melakukan kegiatan interaksi dan komunikasi baik secara vertical maupun horizontal. Komunikasi yang efektif menjadi faktor penting bagi pencapaian tujuan Universitas Ma Chung sendiri.
Universitas Ma Chung, Universitas Ma Chung masih tergolong dalam lingkup institusi yang kecil. Proses komunikasi karyawan Universitas Ma Chung antara atasan, bawahan, atau sejawat sampai saat ini tergolong masih berjalan lancar dan belum ada suatu hambatan atau krisis yang berarti. Tetapi, hal tersebut bukan berarti Universitas Ma Chung tidak mengalami masalah sedikitpun. Hal ini juga didukung peran pimpinan di Universitas Ma Chung yang tidak segan berbaur dengan bawahan dan bersikap demokratis. Pemimpin di Universitas Ma Chung dapat menerima pendapat, saran atau kritik dari bawahannya dan berusaha memupuk rasa kekeluargaan.
Sebagai usaha untuk menjaga keharmonisan di Universitas Ma Chung, ada forum yang diadakan secara rutin setiap minggunya di hari Kamis. Forum ini bernama Moment of Truth (MoT). Forum ini bertujuan agar setiap karyawan bisa aktif menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, apabila ada permasalahan, maka permasalahan tersebut dapat dibahas dalam forum ini, selain itu forum ini juga bisa dimanfaatkan untuk membahas dan mensosialisasikan kebijakan.
Selain MoT, Universitas Ma Chung juga aktif mengadakan forum-forum di antara para karyawan dan pimpinannya, seperti Tea Break dan Sarasean. Tea Break merupakan forum bagi para pimpinan Universitas Ma Chung, forum ini tidak bersifat formal, tetapi cenderung bersifat santai. Forum ini dilakukan dengan berkumpul di suatu café misalnya, sembari minum teh atau kopi. Forum ini bertujuan untuk menjalin kedekatan di antara pimpinan sehingga iklim komunikasi yang baik dapat terus terjaga, dan komunikasi yang terjadi bisa lebih dinamis.Forum-forum tersebut banyak memberikan manfaat bagi Universitas Ma Chung. Mungkin itulah mengapa hingga saat ini, Universitas Ma Chung tidak pernah mengalami permasalahan berarti.

Kesimpulan
            Setiap organisasi memiliki sistem komunikasi yang berbeda. Sistem tersebut tercipta berdasarkan pemimpin yang memimpin, anggota yang dipimpin, dan lingkungan organisasi yang membentuk. Komunikasi dalam suatu organisasi berguna untuk penyampaian keinginan antara pimpinan kepada bawahan dan bawahan kepada pimpinan, dalam mencapai tujuan bersama organisasi. Sistem yang ada dalam organisasi, diperlukan adanya audit sistem yang berguna sebagai kontrol kinerja perusahaan agar tetap fokus dalam mencapai tujuan organisasi.
            Sebagaimana organisasi diumpamakan sebagai tubuh, antara organ satu dengan organ lain saling berhubungan. Maka dalam suatu organisasi, agar berjalan dengan baik antara unit bagian satu dengan yang lainnya saling bekerja sama. Dalam pengamatan antara Universitas Ma Chung dan Universitas Muhammadiyah Malang, diantaranya seperti pihak rektor dengan Public Relations saling berkaitan. Jadi kebijakan yang telah dibuat oleh rektor sebagai pimpinan tertinggi dalam universitas dapat disampaikan dengan baik oleh Public Relations (PR), baik secara internal universitas maupun eksternal universitas.
            Sistem yang baik apabila berjalan efektif dan beriringan antara pimpinan dan karyawan. Suatu sistem yang tercipta dalam Universitas Ma Chung berjalan dengan baik karena antara pimpinan dan karyawan sama-sama berjalan, begitu juga dengan UMM. Tentunya dengan sistem yang tidak merugikan satu sama lain, menguntungkan pimpinan dan karyawan seperti simbiosis mutualisme
            Tidak dipungkiri setiap organisasi pasti memiliki suatu masalah. Baik yang berkaitan internal maupun ekternal organisasi, masalah yang berskala kecil maupun besar. Disadari atau tidak awal dari suatu permasalahan terletak pada komunikasi. Tidak mungkin pimpinan di demo oleh karyawannya apabila sistem komunikasi pimpinan dan karyawan lancar. Karyawan bisa menyampaikan pikiran kepada pimpinan demi kemajuan organisasi, bisa menyampaikan tuntutan untuk mencapai kesejahteraan karyawan. Di lain pihak, pimpinan bisa menyampaikan harapannya kepada karyawan. Supaya karyawan bisa bekerja optimal untuk organisasi. Seperti yang ada dalam Universitas Ma Chung dan UMM, pola komunikasi vertikal dari atas ke bawah (downward)  maupun komunikasi dari bawah ke atas (upward) dan komunikasi horisontal diantara orang-orang yang sama tingkatan otoritasnya dalam suatu organisasi berjalan dengan lancar.
Masalah dalam suatu organisasi merupakan suatu hal yang normal, namun adanya masalah itu jangan sampai mengganggu stabilitas organisasi. Oleh karena itu, untuk minimalkan maka masalah solusi yang diberikan untuk selalu menjaga sistem komunikasi dengan baik dan lancar. Selalu ada audit sistem untuk mengkaji secara mendalam dan menyeluruh tentang pelaksanaan sistem komunikasi keorganisasian. Sehingga dapat meningatkan efektivitas organisasi dan tujuan organisasi tetap tercapai sesuai visi misi yang telah menjadi cita-cita bersama.


Komentar

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya IBU SERI HASTUTI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 081340887779
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS Untuk 5 Orang Saja.

    BalasHapus

Posting Komentar

Comment

Postingan Populer