Sharing Project
Hi! Nice to see you again bloggers. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada siapa saja yang sudah membaca tulisan saya. Blog ini saya gunakan sebagai sarana untuk menshare ilmu-ilmu yang sudah saya dapatkan ketika saya duduk di bangku kuliah Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Malang. Kali ini saya akan menshare beberapa daftar pustaka yang saya gunakan untuk penulisan skripsi saya. Puji Tuhan, skripsi saya berhasil saya selesaikan dengan masa waktu pengerjaan kurang lebih setahun hingga pada akhirnya saya dapat lulus pada tahun 2015 dengan masa waktu belajar 4 tahun 3 bulan. Judul penelitian saya adalah STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PROSES
BELAJAR MENGAJAR ANAK TUNAGRAHITA TINGKAT SEDANG (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pembelajaran Anak
Tunagrahita Tingkat Sedang Sekolah Dasar Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional
Bagian C). Untuk lebih lengkapnya, skripsi tersebut dapat teman-teman lihat di Perpustakan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya Malang. Semoga bisa membantu teman-teman yang memiliki tema penelitian yang sama. Apabila informasi ini dirasa kurang lengkap, teman-teman bisa menghubungi saya melalui komentar pada blog ini atau mention saya di alamat twitter yang tertera diatas.
Berikut adalah beberapa daftar pustaka yang saya gunakan dalam penelitian ini:
BUKU
Apriyanto,
N. (2012). Seluk-beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta:
Javalitera.
Cangara,
H. (2003). Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan ke-4. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Creswell,
J. W. (2009). Research Design:
Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. California: Sage
Publications, Inc.
Creswell,
J. W. (2007). Second Edition: Qualitative
Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches. University of
Nebraska, Lincoln. Diakses dari SAGE Publications.
Delphie,
B. (2005). Bimbingan Konseling untuk Perlaku Non-Adaptif. Bandung: Pustaka Bani
Quraisy.
Delphie,
B. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Universitas Terbuka.
Devito,
J. A. (1997). Komunikasi Antar Manusia, Kuliah Dasar. Edisi Kelima. Jakarta:
Professional Book.
Devito,
J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing
Group.
Efendi,
M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Effendy,
O. U. (1994). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Effendy,
O. U. (2004). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hidayat,
D. N. (2003). Paradigma dan Metodologi
Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP
Universitas Indonesia.
Hamalik,
O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kriyantono, R.
(2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media,
Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran.
Jakarta: Kencana.
Littlejohn,
Stephen W., & Foss, K. A. (2009). Teori Komunikasi; Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.
Majid,
A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga
Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Moelong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian
Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Rosdakarya.
Mulyana, D. (2001). Ilmu Komunikasi: Suatu
Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana,
D. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana,
D. (2010). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Naim,
N. (2011). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Putra,
Y. (2008). Memori dan Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Rakhmat,
J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santrock
W, J. (2010). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
Soemantri,
S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Supriadie,
Didi, & Darmawan, D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono.
(2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Ulfatin.
(2013). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan
Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.
West,
Richard & Turner, L. H. (2008) Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan
Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Wilis,
R. D. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga: PT. Gelora Aksara
Pratama.
Wahyuni,
S. (2012). Qualitative Research Method:
Theory and Practice. Jakarta: Salemba Empat.
Yusuf,
P. M. (2010). Komunikasi Instruksional, Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi
Aksara.
JURNAL
Allen,
T.H dan Plax, T.G. (1999). Group Communication in the Formal Educational
Context. Dalam L.R Frey & D.S. Gouran & M.S. Poole (Ed). The Handbook
of Group Communication Theory & Research. New Delhi: Sage Publication, 139-163.
Beebe,
S. A., Mottet, & Timothy P. (2009). Students and Teachers. 21st
Century Communication: A Reference Handbook. Ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Reference Online, 350-358.
Braun,
V. & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. Journal Qualitative Research in Psychology,
(3), 77-101.
Hadi,
R. W. (2013). Efektifitas Komunikasi Instruksional di SMK Negeri I Yogyakarta.
Yogyakarta: UNY, 1-11.
Hennessey,
M. N., Higley, K., Chesnut, S. R. (2011). Persuasive Pedagogy: A New Paradigm
for Mathematics Education. Spinger Science+Business Media. Educ Psychol, 187-204.
Lamb,
B. (1998). Rhetoric: Coming to Terms. Proquest,
108-109.
LeFebvre,
L. & Allen, M. (2014). Teacher Immediacy and Student Learning: An
Examination of Lecture/Laboratory and Self-contained Course Sections. Journal of the Scholarship of Teaching and
Learning, 14 (2), 26-45.
McCroskey,
J. C., Valencic, K. M., dan Richmond, V. P. (2004). Toward a General Model of
Instructional Communication.
Communication Quarterly, 52 (3),
197-210.
Myers,
G. E & Myers, M. T. (1992). The Dynamics of Human Communication: A
Laboratory Approach. Singapore: Mc.
Grawhill.
Myers,
S. A. (2010). Instructional communication: The Emergence of a Field. In D. L.
Fassett & J. T. Warren (Eds.), The SAGE handbook of communication and
instruction. Los Angeles: Sage,
149-159
Mindarwati.
(2013). Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKN pada Siswa
Tunagrahita di SMALB SLB Pembina Tingkat Nasional. Malang: Universitas Negeri Malang, 1-8.
Pontoh, W. P. (2013). Peranan Komunikasi
Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak (Studi pada Guru-guru di
TK Santa Lucia Tuminting). Journal “Acta
Diurna”, 1 (1), 1-11.
Powell,
R. G. & Powell, D. L. (2010). Enhancing Instructional Practice 2nd
Edition. Routledge: Taylor and Francis
Group, (5), 94-121.
Reis,
H. T., & Sprecher, S. (2009). Encyclopedia of Human Relationships. California: Sage Publication, Inc, (1-3),
1556-1558.
Sukendar, M. U. (2014). Komunikasi
Interpersonal dalam Pembelajaran Nilai Keberagaman dalam Pembentukan Karakter
Anak di Labschool Ruma Citta Jogjakarta. Jurnal
Saintech Politeknik Indonusa Surakarta, 2 (2), 1-9.
Skinner, E. A. & Belmont, M. J.
(1993). Motivation in the Classroom: Reciprocal Effects of Teacher Behavior and
Student Engagement Across the School Year. Journal
of Educational Psychology, l85 (4), 571-581.
Teven,
J., J. & McCroskey, J. C. (2009). The Relationship of Perceived Teacher
Caring with Student Learning and Teacher Evaluation, 167-176.
Wisadirana, D.,
Safitri, R., & Swastikawara, S. (2012). Strategi Komunikasi Guru dalam
Mengasah Kemampuan Komunikasi pada Murid Tunarungu. Malang: Universitas Brawijaya, 1-14.
ONLINE
Ineupuspita.
(2008). Profesionalitas Guru Slb. [On-Line]. Diakses Sabtu, 7 Maret 2015,
http://ineupuspita.wordpress.com/2008/07/31/profesionalitas-guru-slb/.
Sugiyanto.
(2012). Karakteristik Anak Usia SD. Diakses
Sabtu, 02 Mei 2015, dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/22629/5/Chapter%20II.pdf.
Vitalaya,
A, dkk. (2003). Pengertian Komunikasi
Interpersonal. Diakses Senin, 9 November 2015 dari www.ut.ac.id/ol-supp/fisip/kom
4 101/page15.
Komentar
Posting Komentar
Comment