KOMUNIKASI INTERNAL: Analisis Budaya Perusahaan Swasta (BCA dan Bank Jatim)
Budaya dalam perusahaan dirasa sangat diperlukan
untuk menunjang kinerja serta loyalitas karyawan terhadap perusahaan tersebut.
Setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda-beda, disini kami meneliti
kebudayaan yang ada di Bank BCA, Bank swasta yang memiliki nama di Indonesia.
BCA memiliki
visi yaitu: Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar
penting perekonomian Indonesia. Misi yaitu: 1) membangun institusi yang unggul
di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan
perseorangan. 2) memahami berbagai kebutuhan nasabah dan memberikan layanan
financial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah. 3)
meningkatkan nilai franchise dan nilai stakeholder BCA.
Secara visual, identitas korporasi dinyatakan pula
dengan tampilan logo BCA. Sejak berdiri di tahun 1957 hingga kini, BCA
menggunakan logo yang sama. Seiring perubahan lingkungan, tantangan dan peluang
bisnis, kini tampilan logo diperbaharui dengan konsep grafis yang disebut blueliner. Konsep ini tetap
mempertahankan original version logo BCA. Aplikasi Blueliner dalam beragam materi komunikasi dan korespondensi
mencerminkan semangat baru BCA dalam upaya mewujudkan visi dan misi korporasi.
Implementasi konsep Blueliner menjadi
mewarnai kesinambungan dedikasi dan kontribusi BCA terhadap industri perbankan
khusunya dan perekonomian Indonesia pada umumnya.
Menurut analisis kelompok kami, BCA memiliki tipe
budaya keras. hal itu dibuktikan dengan adanya pelatihan-pelatihan sebelum
kerja untuk memprimakan kinerja pegawai baru. Jadi ada training selama dua minggu yang dilakukan di Surabaya. Training tersebut juga termasuk sekolah
untuk mengetahui bagaimana jobdesk
pekerjaan yang mereka jabat.
Lalu setelah dua minggu di Surabaya, mereka dikirim
ke Kantor BCA yang sudah ditetapkan. Dalam tiga minggu pertama di kantor BCA,
merupakan praktek bentuk implementasi dari training
selama dua minggu di Surabaya. Setalah tiga minggu berlalu di kantor BCA,
mereka dikirim ulang ke sekolah di Surabaya selama seminggu. Hal itu ditujukan
untuk pematangan pembekalan yang sebelumnya sudah dilakukan. Serta mengulas
lagi kinerja pegawai baru selama praktek di kantor BCA.
Setelah dilakukan pelatihan pelatihan yang dilakukan
kurang lebih selama tujuh minggu tersebut. Calon pegawai baru siap dikirim ke
kantor BCA yang sudah ditetapkan yang mereka tetapkan menjadi tempat praktek
selama tiga minggu tersebut. Dari situ diharapkan pegawai-pegawai mampu bekerja
dengan totalitas untuk menunjang keuntungan perusahaan.
Dalam bekerja, mereka dituntut untuk memuaskan
problem dari customer. Dengan slogan karyawan “Bersama Kita Beres” merupakan
slogan dari BCA cabang Bangil yang ingin
menanamkan ke masyarakat, bahwa setiap permasalahan di masyarakat, akan beres
ditangan karyawan-karyawan BCA, sedangkan slogan utama BCA adalah “senantiasa
di sisi anda” yang memiliki arti menjaga kepercayaan dan harapan nasabah
serta stakeholder lainnya, demi tercapainya pertumbuhan yang
berkesinambungan serta berupaya memberikan layanan dan solusi terbaik bagi
nasabah, lalu slogan dari customer service yaitu
smartsolution. Arti SMART adalah karyawan yang dilatih untuk menjadi karyawan
yang Sigap, Menarik, Antusias, Ramah, dan Teliti (SMART). Juga memiliki tata nilai
berupa 1) Fokus pada nasabah, 2) Integritas, 3) Kerjasama Tim, 4) Berusaha
mencapai yang terbaik.
Budaya pelayanan SMART telah diperluas
menjadi pendekatan SMART SOLUTION pada akhir tahun 2010. Penambahan kata
“SOLUTION” mengandung makna Simak; Open-minded (Terbuka);
Lengkap; Utamakan kebutuhan nasabah; Telling solutions (menjelaskan
solusi), Inisiatif, dan ON-timefollow up (tindak lanjut yang
tepat waktu). Dengan pendekatan ini, BCA berupaya meningkatkan layanan maupun
pendalaman.
Selain dengan melakukan sekolah, training, dan praktek, Bank BCA juga
memberikan insetive untuk menunjang kinerja karyawan. Insetive tersebut berupa
insetive lembur, insetive penjualan asuransi, dari penjualan yang sudah
melampaui target. Selain itu untuk taller, selalu diberi tunjangan uang
Rp.350.000 perbulan.
Selain tunjangan-tunjangan yang diberi
Bank BCA untuk karyawannya, tetap ada aturan-aturan lain untuk kedisiplinan
karyawannya. Hal itu dilakukan untuk memperketat kinerja karyawan agar tidak
keluar dari rel aturan yang sudah dibuat BCA.
Aturan yang diberikan sangatlah beragam,
biasanya antar divisi memiliki aturan yang berbeda-beda. Missal untuk teller, mereka harus mengganti uang
selisish jika ada selisih. Dan hal itu dilakukan pada hari itu juga. Lalu untuk
CSO, biasanya mendapat teguran jika penjualan tidak memenuhi target.
Aturan-aturan seperti itu dirasa perlu untuk mereka agar tidak terbuai dengan
fasilitas-fasilitas yang sudah diberikan bank BCA.
Komunikasi Internal yang ada didalam BCA
dirasa sudah baik. Antar atasan yaitu manager ke karyawan sangatlah baik. Tak
sungkan-sungkan manager ikut membaur dengan karyawannya.setiap pagi juga selalu
ada morning briffing. Hal itu dilakukan untuk memotivasi untuk lebih baik
setiap harinya. Selain itu juga agar mereka tetap semangat dan tidak loyo menerima customer.
Budaya lain yang ada di Bank BCA yaitu
adanya ritual “Dialogfrontliner”. Dialogfrontliner
acalah acara rutin yang dilakukan 6x dalam setahun. Acara tersebut
dilakukan untuk mepererat hubungan antar devisi dari beberapa KCP. Acara rutin
tersebut juga untuk menguji kekompakan kcp, motivasi, game dan juga disediakan
hadiah-hadiah yang menarik.
Dialogfrontliner
bersifat wajib untuk semua
karyawan baik karyawan tetap maupun outsorsing.
Selain itu juga ada tema-tema tertentu untuk lebih memeriahkan lagi.untuk
tempat dilaksanakannya acara tersebut sangatlah beragam, tergantung tema
diselenggarakannya. Hal tersebut dirasa sangat dibutuhkan untuk menunjang
kinerja karyawan, biar karyawan lebih bisa termotifasi lagi.
Secara garis besar tidak ada yang
membedakan fasilitas, tunjangan, maupun insentif antar karyawan tetap maupun
karyawan outsourcing, mengingat masih
banyak karyawan BCA masih menggunakan sistem kontrak. Kontrak biasanya
dilakukan selama 3tahun, jika masa kontraknya habis maka berakhir pula masa
kerjanya.
Namun tidak menutup kemungkinan akan
diangkat menjadi karyawan tetap, jika mereka menjadi karyawan berprestasi. Selain
dengan prestasi, juga bisa dilakukan jika karyawan tersebut berhasil menjuarai
lomba-lomba nasional. Biasanya didalam perbankan juga terdapat lomba-lomba
untuk menunjang kekreatifan kayawan dan juga sebagai motivasi agar karyawan
bisa bekerja lebih baik lagi.
Analisis
Budaya Perusahaan Negeri (Bank Jatim)
Bank jatim merupakan bank daerah jawa
timur. Di provinsi-provinsi lain juga terdapat bank daerah, seperti bank
jateng, bank jabar dll. Dalam pengelolaan dana atau uang memang dilakukan oleh
bank jatim, namun untuk keputusan semua diserahkan ke pemerintah daerah.
Misalnya dana dari salah satu dinas dialihkan, dari pihak jatim tidak bisa
berbuat apa-apa karena itu merupakan wacana dari pemerintah. Untuk Visi dan Misi Bank Jatim memiliki :
Visi
- Menjadi
bank yang sehat berkembang secara wajar
- Memiliki
manajemen dan sumber daya manusia yang profesional
Misi
- Mendorong
pertumbuhan ekonomi daerah serta ikut mengembangkan usaha kecil dan
menengah
- Memperoleh
laba optimal
Bank jatim memiliki slogan “bersama
kami, berkembang pasti” yang memiliki arti mengangkat kebersamaan antara
nasabah dan Bank Jatim untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Diperlukan
keharmonisan antara Bank Jatim dengan nasabah, sehingga Bank Jatim memberikan
komitmen untuk membantu setiap nasabah yang mempercayakan segala sesuatu yang
berhubungan dengan keuangan untuk berkembang.
Inspirasi bentukan dari logo Bank Jatim
merupakan sayap Burung Garuda yang mengepak ke atas sebagai tanda siap terbang.
Burung Garuda adalah lambang nasional Indonesia. Dalam mitologi Jawa, Burung
Garuda adalah “Bird of Life” atau
burung kehidupan yang membawa kemuliaan.Sayap adalah anggota tubuh yang
bersifat aerodinamis dan sebagai penyeimbang ketika hendak terbang. Fungsi
inilah yang ingin dicerminkan dalam logo Bank Jatim dengan harapan Bank Jatim
dapat terbang tinggi menuju goal yang
diinginkan, serta terjadi keseimbangan antara dana yang diperoleh dari
masyarakat/pemerintah dan disalurkan dalam bentuk kredit/pembiayaan sehingga
tercipta perekonomian berazaskan kerakyatan.
Bank Jatim memiliki strtegi tersendiri
yaitu strategi FIRST. pertama,
huruf F itu ada di kata “professionalism”. Profesionalisme berkaitan
dengan sumber daya manusia (SDM). Bank Jatim harus selalu bisa menghadapi
tantangan baru dan memberi pelayanan profesional.Kedua, huruf I ada di
kata “partnership” atau kerja sama. Kami ingin menjadi partner terbaik
nasabah, terutama masyarakat Jawa Timur.Ketiga, huruf R ada di “care”. Care ini
berarti kepedulian. Bank Jatim harus peduli kepada nasabah dalam memberikan
pelayanan.Lalu, keempat, S berada di kata “services” yang
berarti layanan. Bank Jatim berharap konsisten dengan kualitas layanan. Terakhir,
huruf T ada dalam kata “trustworthy” atau kepercayaan. Bank Jatim harus
menjadi bank tepercaya dan mampu menjaga kepercayaan nasabah.
Untuk budaya di bank jatim, dari segi
fasilitas penunjang kinerja karyawan, ada pembanding antar karyawan antar
divisi. Misal antar pegawai kontrak dengan pegawai tetap, dan antar divisi
missal teller dengan staf-staf lain
juga berbeda.
Contohnya saja fasilitas cuti, untuk
karyawan kontrak tidak memiliki jatah cuti, berbeda dengan karyawan tetap.
Selain itu juga fasilitas-fasilitas lain juga terdapat perbedaannya. Untuk sistem
kontraknya berbeda dengan karyawan BCA, hanya diberi waktu satu tahun untuk
masa kontraknya, namun juga bisa diperpanjang masa kontraknya tergantung kinerja
masing-masing karyawan.
Untuk pengambilan karyawan baru, juga
terdapat sistem training, sebab
hampir semua perbankan juga terdapat sistem training
untuk pembekalan karyawan baru. Namun untuk trainingnya
lebih singkat dibandingkan dengan bank BCA.
Dari penjelasan diatas, bisa digolongkan
bahwa bank Jatim dapat digolongkan dalam tipe budaya proses. Budaya proses
merupakan sikap hati-hati dalam pengambilan keputusan, dan menyukai
keteraturan. Hal itu digolongkan ke dalam budaya proses, mengingat bank jatim
ada dibawah tangan pemerintah daerah, jadi mereka harus mematuhi setiap aturan
yang diberikan pemerintah termasuk dalam pengambilan keputusan.
Untuk aturan-aturan juga berbeda antar
divisi. Untuk teller juga memiliki sanksi
yang hampir sama dengan sistem di BCA. Misal dari teller menemukan selisih, maka mau tidak mau mereka harus mengganti
uangnya untuk menutupi selisih tersebut pada hari itu juga.
Fasilitas seperti tunjangan atau insetif
biasa hanya karyawan di dalam kantor kas yang mendapatkan insetif. Jarang
karyawan apalagi karyawan kontrak juga mendapatannya, berbeda dengan bank BCA
yang tidak ada perbedaan tiap karyawan.
Dalam komunikasi internal antar karyawan
, dan antar atasan dengan karyawan hampir sama dengan bank BCA. Manager yang
dibank jatim merupakan kepala cabang yang sangat ramah dengan karyawan di
bawahannya termasuk karyawan kontrak. Kepala cabang juga melakukan tegur sapa
untuk lebih menciptakan hubungan baik dengan karyawan. Setiap pagi juga
dilakukan ritual seperti morning briefing
yang sama seperti bank BCA, yaitu untuk mem-briefing
karyawan untuk lebih meningkatkan kinerja, agar lebih bersemangat, dan tetap
meningkatkan mutunya.
Jika terdapat event-event layaknya hari kemerdekaan dan acara akhir tahun, selalu
diadakan acara makan-makan untuk semua karyawan dalam satu kcp. Hal ini
merupakan motivasi agar karyawan tidak merasa jenuh berada dalam kantor. Acara
makan-makan tersebut lebih bersifat non formal, jadi dilakukan untuk bersantai
sejenak untuk memulai lagi aktivitas dikeesokan harinya.
Dari penjelasan diatas, dapat
disimpulkan ada kelemahan yaitu bahwa masih ada perbedaan fasilitas antara
karyawan kontrak dengan karyawan tetap. Dari observasi dan wawancara dengan
karyawan kontrak, jelas mereka merasa
sangat kecewa, bahwasannya dalam kualitas kinerja mereka, tidak ada perbedaan
antara karyawan tetap dengan karyawan kontrak. Namun meskipun demikian, mereka
tetap bersikap profesional untuk meningkatkan loyalitasnya ke perusahaan dimana
disini adalah bank Jatim.
KISAH NYATA..............
BalasHapusAss.Saya IBU SERI HASTUTI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.
KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!
((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll
Syarat :
Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda
Proses :
Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur
Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
Prosedur Daftar Ritual ini :
Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP
Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
Kirim ke nomor ini : 081340887779
SMS Anda akan Kami balas secepatnya
Maaf Program ini TERBATAS Untuk 5 Orang Saja.