KOMUNIKASI INTERNAL: Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Ma-Chung
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MALANG
Universitas
Muhammadiyah Malang (UMM) yang berdiri pada tahun 1964 merupakan salah satu
amal usaha Muhammadiyah. Saat ini UMM sudah memiliki beberapa fakultas seperti
hukum, ekonomi, FKIP (Jurusan Pendidikan Agama), FISIP, pertanian dan teknik,
psikologi, peternakan, kedokteran, dan program studi farmasi yang merupakan
bagian dari fakultas ilmu-ilmu kesehatan.
Sebagai salah satu perguruan
tinggi terkemuka di Jawa Timur, UMM kini mengelola lebih dari 24,000 mahasiswa
aktif yang berasal dari hampir seluruh wilayah Indonesia dan bahkan dari luar
negeri, seperti: Australia, Singapura, Malaysia, dan Timor Leste. Walaupun UMM merupakan perguruan tinggi
Islam, latar belakang agama mahasiswa bukan merupakan suatu kendala. Oleh karena itu, mahaiswa UMM tidak hanya
beragama Islam, namun ada yang Hindu, Budha, Kristen , dan
Katolik.
- Visi :
Menjadikan universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai Islam.
- Misi :
- Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu.
- Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada
masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia.
- Menyelenggarakan pengelolaan universitas yang
amanah.
- Menyelenggarakan civitas akademika dalam
kehidupan yang Islami sehingga mampu beruswah khasanah.
- Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang
saling menguntungkan dalam pengembangan IPTEKS.
Untuk mendukung kegiatan
perkuliahan, UMM selalu meningkatkan fasilitas, baik pengembangan gedung
perkuliahan, laboratorium, sarana komputer dan fasilitas akses intranet
dengan menggunakan
beberapa area hotspot.
Selain itu juga dikembangkan
perpustakaan digital yang dilengkapi dengan E-Journal, materi audio-visual, dan
sumber informasi ilmiah lain yang tergabung dalam Indonesian Digital Library Network
(IDLN).
Lembaga Informasi dan
Komunikasi (Infokom) Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai tanggung
jawab terhadap pengembangan
dan penyediaan fasilitas untuk seluruh kegiatan, baik akademik, administrasi,
pengembangan SDM, hingga penjaminan mutu akademik. Beberapa fasilitas yang disediakan antara
lain: internet, intranet dan hotspot.
Selain itu beberapa Sistem Informasi Manajemen (SIM) juga dikembangkan
untuk memfasilitasi proses adminitrasi di segala bidang.
Selain itu baru-baru ini UMM
memberikan fasilitas untuk area kampus seperti sepeda kayuh sebanyak kurang
lebih 5000 unit untuk mempermudah mahasiswa yang jalan kaki dan menciptakan
suasana bersih bebas polusi. Tidak hanya mahasiswa, karyawan, dosen dan rektor
juga menggunakan sepeda tersebut untuk lebih memperkuat hubungan dengan
mahasiswanya.
Sebagian besar karyawan
aktif di organisasi Muhammadiyah, dan hampir setiap bulan selalu diadakan acara
rutin untuk karyawan seperti pengajian dan lain-lain. Untuk menjadi karyawan Muhammadiyah sangatlah sederhana, syarat utama yaitu menjalankan sholat 5
waktu dan merupakan orang Muhammadiyah.
Selain itu karyawan
disediakan fasilitas olahraga seperti bulutangkis, renang, futsal dan
lain-lain, serta selalu
diberi liburan untuk tiap tahunnya entah satu tahun sekali atau dua kali untuk
memberi hiburan kepada karyawan. Meskipun termasuk universitas swasta, Muhamadiyah memberikan dana pensiun untuk dosen dan karyawan.
Untuk karyawan dan dosen yang berprestasi dan berniat melanjutkan
sekolah lagi, UMM memberikan
fasilitas kuliah gratis ke luar negeri bukan di dalam negeri. Tidak hanya karyawan, juru parkir, satpam pun juga disekolahkan S1 di UMM bagi mereka yang mau bersekolah.
Tidak hanya karyawan dan
dosen, mahasiswa pun juga bisa diberi kesempatan bekerja di UMM dan diberi gaji
menurut tingkatannya. Itu
semua diberikan UMM untuk meningkatkan kinerja karyawan. Meskipun mereka
tidak mendapatkan gaji sebesar universitas lain, namun mereka juga mendapatkan
fasilitas sama dengan universitas lain termasuk dikuliahkan gratis.
UNIVERSITAS MA-CHUNG
Universitas
Ma-chung adalah salah satu universitas swasta yang ada di kota Malang.
Universitas ini didirikan oleh orang-orang dengan latar belakang dunia bisnis
sekitar 6 tahun lalu. Saat ini, Universitas Machung memiliki sekitar 150
karyawan dan sekitar 1500 mahasiswa. Untuk menjalankan tugas masing-masing,
para karyawan Universitas Ma Chung pasti melakukan kegiatan interaksi dan
komunikasi baik secara vertical maupun horizontal. Komunikasi yang efektif menjadi
faktor penting bagi pencapaian tujuan Universitas Ma Chung sendiri.
Universitas
Ma Chung, Universitas Ma Chung masih tergolong dalam lingkup institusi yang
kecil. Proses komunikasi karyawan Universitas Ma Chung antara atasan, bawahan,
atau sejawat sampai saat ini tergolong masih berjalan lancar dan belum ada
suatu hambatan atau krisis yang berarti. Tetapi, hal tersebut bukan berarti
Universitas Ma Chung tidak mengalami masalah sedikitpun. Hal ini juga didukung
peran pimpinan di Universitas Ma Chung yang tidak segan berbaur dengan bawahan
dan bersikap demokratis. Pemimpin di Universitas Ma Chung dapat menerima
pendapat, saran atau kritik dari bawahannya dan berusaha memupuk rasa
kekeluargaan.
Sebagai
usaha untuk menjaga keharmonisan di Universitas Ma Chung, ada forum yang
diadakan secara rutin setiap minggunya di hari Kamis. Forum ini bernama Moment
of Truth (MoT). Forum ini bertujuan agar setiap karyawan bisa aktif
menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, apabila ada permasalahan, maka
permasalahan tersebut dapat dibahas dalam forum ini, selain itu forum ini juga
bisa dimanfaatkan untuk membahas dan mensosialisasikan kebijakan.
Selain
MoT, Universitas Ma Chung juga aktif mengadakan forum-forum di antara para
karyawan dan pimpinannya, seperti Tea
Break dan Sarasean. Tea Break
merupakan forum bagi para pimpinan Universitas Ma Chung, forum ini tidak
bersifat formal, tetapi cenderung bersifat santai. Forum ini dilakukan dengan
berkumpul di suatu café misalnya, sembari minum teh atau kopi. Forum ini
bertujuan untuk menjalin kedekatan di antara pimpinan sehingga iklim komunikasi
yang baik dapat terus terjaga, dan komunikasi yang terjadi bisa lebih
dinamis.Forum-forum tersebut banyak memberikan manfaat bagi Universitas Ma
Chung. Mungkin itulah mengapa hingga saat ini, Universitas Ma Chung tidak
pernah mengalami permasalahan berarti.
Kesimpulan
Setiap organisasi memiliki sistem
komunikasi yang berbeda. Sistem tersebut tercipta berdasarkan pemimpin yang
memimpin, anggota yang dipimpin, dan lingkungan organisasi yang membentuk.
Komunikasi dalam suatu organisasi berguna untuk penyampaian keinginan antara
pimpinan kepada bawahan dan bawahan kepada pimpinan, dalam mencapai tujuan
bersama organisasi. Sistem yang ada dalam organisasi, diperlukan adanya audit
sistem yang berguna sebagai kontrol kinerja perusahaan agar tetap fokus dalam
mencapai tujuan organisasi.
Sebagaimana organisasi diumpamakan
sebagai tubuh, antara organ satu dengan organ lain saling berhubungan. Maka
dalam suatu organisasi, agar berjalan dengan baik antara unit bagian satu
dengan yang lainnya saling bekerja sama. Dalam pengamatan antara Universitas Ma
Chung dan Universitas Muhammadiyah Malang, diantaranya seperti pihak rektor
dengan Public Relations saling berkaitan. Jadi kebijakan yang telah dibuat oleh
rektor sebagai pimpinan tertinggi dalam universitas dapat disampaikan dengan
baik oleh Public Relations (PR), baik secara internal universitas maupun
eksternal universitas.
Sistem yang baik apabila berjalan
efektif dan beriringan antara pimpinan dan karyawan. Suatu sistem yang tercipta
dalam Universitas Ma Chung berjalan dengan baik karena antara pimpinan dan
karyawan sama-sama berjalan, begitu juga dengan UMM. Tentunya dengan sistem
yang tidak merugikan satu sama lain, menguntungkan pimpinan dan karyawan
seperti simbiosis mutualisme
Tidak dipungkiri setiap organisasi
pasti memiliki suatu masalah. Baik yang berkaitan internal maupun ekternal
organisasi, masalah yang berskala kecil maupun besar. Disadari atau tidak awal
dari suatu permasalahan terletak pada komunikasi. Tidak mungkin pimpinan di
demo oleh karyawannya apabila sistem komunikasi pimpinan dan karyawan lancar.
Karyawan bisa menyampaikan pikiran kepada pimpinan demi kemajuan organisasi,
bisa menyampaikan tuntutan untuk mencapai kesejahteraan karyawan. Di lain
pihak, pimpinan bisa menyampaikan harapannya kepada karyawan. Supaya karyawan
bisa bekerja optimal untuk organisasi. Seperti yang ada dalam Universitas Ma
Chung dan UMM, pola komunikasi vertikal dari atas ke bawah (downward)
maupun komunikasi dari bawah ke atas (upward) dan komunikasi
horisontal diantara orang-orang yang sama tingkatan otoritasnya dalam suatu
organisasi berjalan dengan lancar.
Masalah
dalam suatu organisasi merupakan suatu hal yang normal, namun adanya masalah
itu jangan sampai mengganggu stabilitas organisasi. Oleh karena itu, untuk
minimalkan maka masalah solusi yang diberikan untuk selalu menjaga sistem
komunikasi dengan baik dan lancar. Selalu ada audit sistem untuk mengkaji
secara mendalam dan menyeluruh tentang pelaksanaan sistem komunikasi
keorganisasian. Sehingga dapat meningatkan efektivitas organisasi dan tujuan
organisasi tetap tercapai sesuai visi misi yang telah menjadi cita-cita
bersama.
KISAH NYATA..............
BalasHapusAss.Saya IBU SERI HASTUTI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.
KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!
((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll
Syarat :
Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda
Proses :
Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur
Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
Prosedur Daftar Ritual ini :
Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP
Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
Kirim ke nomor ini : 081340887779
SMS Anda akan Kami balas secepatnya
Maaf Program ini TERBATAS Untuk 5 Orang Saja.