KOMUNIKASI INTERNAL: Internal Relations BCA
Sejarah
PT. Bank Central Asia Tbk. secara resmi
berdiri pada tanggal 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV. Dari
waktu ke waktu, BCA dihadapkan dengan berbagai fenomena perubahan jaman yang
bergulir semakin menantang. Semula hanya melayani kebutuhan pendanaan para
pedagang kecil di pusat perniagaan kawasan Glodok, Jakarta. Dalam perjalanan
sejarah, BCA menciptakan kemajuan bertahap melalui upaya penyesuaiaan dan
perbaikan yang berkelanjut, kreatif, dinamis, dan profesional dalam menyikapi
berbagai perubahan.
Pada tahun 1967, BCA memperoleh ijin
operasi sebagai bank devisa. Tahun 1987, BCA memposisikan diri sebagai bank
swasta devisa nasional terbesar dengan 50 jaringan kantor cabang domestik dan
internasional. Namun pada krisis moneter 1997, BCA ikut terkena imbasnya,
banyak nasabah menjadi panik lalu beramai-ramai menarik dana mereka. Akibatnya,
bank terpaksa meminta bantuan dari pemerintah Indonesia. Badan Penyehatan
Perbankan Nasional (BPPN) lalu mangambil alih BCA tahun 1998. Kemudian BCA
berhasil pulih dalam tahun yang sama. Di bulan Desember 1998, dana pihak ketiga
telah kembali ke tingkat sebelum krisis. Aset BCA mencapai Rp 67,93 triliun,
dan BCA diserahkan oleh BPPN ke Bank Indonesia di tahun 2000. Selanjutnya, BCA
mangambil langkah besar dengan menjadi perusahaan publik. Saat ini, BCA terus
memperkokoh tradisi tata kelola perusahaan yang baik, kepatuhan penuh pada
regulasi, pengelolaan risiko secara baik dan komitmen pada nasabahnya baik
sebagai bank transaksional maupun sebagai lembaga internasional finansial.
Visi BCA
Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan
sebagai pilar penting perekonomian Indonesia. (To be bank of choice and a major pillar of the indonesian economy).
Misi BCA
-
Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan
solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan.
-
Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang
tepat demi tercapainya kepuasan yang optimal bagi nasabah.
-
Meningkatkan nilai francais dan
nilai stakeholder.
Tata nilai BCA
a.
Fokus pada nasabah
b.
Integritas
c.
Kerjasama
d.
Berusaha mencapai yang terbaik
Internal Relation
Dalam kaitannya dengan komunikasi,
Public Relations PT. Bank Central Asia Tbk. merupakan mediator unutk memoderasi
citra perusahaan dengan publik. Dalam melaksanakan kegiatannya, PR BCA dibagi
menjadi 3 bagian, yaitu eksternal, internal, dan CSR.
Sebagai mediator antara perusahaan
dengan karyawan, bagian internal devisi PR BCA melakukan beberapa cara yaitu
melalui event-event internal, seperti acara PORSENI atau BCA Award serta
melalui majalah info BCA. Selain itu bagian internal juga menangani kliping
harian berita yang setiap harinya di-upload
ke situs internal karyawan, My BCA.
Selain itu, Public Relations BCA juga menjalankan
komuikasi internal, salah satu media untuk menjalankan komunikasi internal
adalah majalah info BCA yang dipelopori oleh PR BCA Tbk. ini berfungsi
memberikan informasi kepada publik internal mengenai apa yang sedang terjadi di
dalam perusahaan.
Penting sekali bagi karyawan untuk dapat
mengetahui informasi mengenai perusahannya sendiri. Bagi BCA yang merupakan
perusahaan besar dan memiliki beribu-ribu karyawan sangat tidak memungkinkan
untuk menyebarkan informasi mengenai perusahaan hanya melalui mouth to mouth. Perlu adanya media yang
menjadi alat komunikasi untuk karyawan.salah satu alat yang menjadi media
komunikasi internal adalah info BCA.
Majalah ini berisi informasi seluruh kegiatan pagawai, acara yang
diselenggarakan BCA setiap bulannya, opini dari karyawan dan nasabah (keluhan/saran), informasi tentang produk
baru, tips-tips sesuai dengan tujuan perusahaan, artikel tentang perkembangan
perusahaan, pengetahuan umum (serba-serbi) dan entertainmen (kuis).
Secara garis besar majalah Info BCA
berisikan: rencana perusahaan ke depan, informasi yang berhubungan dengan
setiap kantor cabang, peningkatan produktivitas, informasi yang terkait dengan
pekerjaan, hasil keuangan, iklan dan rencana promosi serta cerita mengenai para
karyawan. Majalah ini sudah berfungsi secara efektif didalam mengkomunikasikan
pesan di khalayak internal.
Alur komunikasi majalah info BCA
bersifat atas ke bawah, bawah ke atas, horisontal maupun diagonal. Karyawan
menjadi well-informed dengan adanya
media komunikasi internal tersebut. Sehingga dampaknya adalah tertanamnya image yang baik mengenai perusahaan di
mata karyawan dan menumbuhkan motivasi karyawan untuk berprestas. Selain itu,
majalah info BCA juga memberikan wawasan sebagai pembelajaran dan meningkatkan
potensi karyawan juga mampu mempererat hubungan sebagai media komunikasi
internal.
Company Social Responsibility
PT. Bank Central Asia Tbk.
Kegiatan tanggung jawab sosial BCA
terdiri atas serangkaian program jangka panjang yang bertujuan meningkatkan
kualitas pendidikan yang lebih baik bagi remaja dan anak-anak dengan
keterbatasan dana di samping kepedulian dalam maslah kesehatan. Program-program
tersebut antara lain:
1.
Program Pendidikan Akuntasi (PPA) setara S1-non gelar
2.
Program permagangan Bakti BCA
3.
Beasiswa untuk mahasiswa tingkat sarjana
4.
Program donor darah
KISAH NYATA..............
BalasHapusAss.Saya IBU SERI HASTUTI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.
KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!
((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll
Syarat :
Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda
Proses :
Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur
Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
Prosedur Daftar Ritual ini :
Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP
Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
Kirim ke nomor ini : 081340887779
SMS Anda akan Kami balas secepatnya
Maaf Program ini TERBATAS Untuk 5 Orang Saja.